Selasa, 06 Juni 2017

KONSERVASI ARSITEKTUR - KEBUN RAYA BOGOR

Hasil Observasi

Dari hasil observasi secara langsung di Kebun Raya Bogor maka didapatkan beberapa permasalahan terkait kebersihan dan perawatan di kawasan Kebun Raya Bogor yang harus ditangani, sehingga Kebun Raya Bogor dapat terjaga kelestariannya.

Di dekat Kolam Gunting terdapat area sirkulasi dan tempat duduk untuk pengunjung yang menggunakan material kayu. Penggunaan material kayu memberikan kesan alami dan asri di area tersebut, tetapi sangat disayangkan terdapat tempat duduk dengan material kayu yang sedikit rusak dibagian tepinya akibat kurangnya perawatan atau ulah pengunjung yang kurang bertanggung jawab.




Selain pada tempat duduk, kerusakan juga terdapat di bagian tangga yang terdapat di area yang dikelilingi kaca yang menjorok ke Kolom Gunting. Terlihat pada bagian tangga yang terbuat dari material kayu sedikit rusak dan dapat membahayakan pengunjung saat menuruni atau menaiki tangga tersebut. 



Sedangkan pada area air mancur di Taman Astrid terdapat beberapa bagian rumput yang rusak akibat terinjak-injak oleh pengunjung saat mengambil foto dekat air mancur.



Di beberapa area duduk pengunjung juga terdapat sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung yang datang ke Kebun Raya Bogor entah itu botol bekas minum atau kertas bekas makanan. Dan terdapat pula sampah daun yang menyumbat beberapa saluran air di Kebun Raya Bogor.


Usulan Penanganan Pelestarian 

Usulan untuk pelestarian Kebun Raya Bogor yaitu perlu ditingkatkannya perawatan pada beberapa komponen di Kebun Raya Bogor terutama yang menggunakan material kayu, karena material kayu sangat sensitif dengan kelembapan udara terutama di Kota Bogor yang memiliki curah hujan yang tinggi, serta perlu ditingkatkannya kebersihan di area tempat duduk pengunjung yaitu bisa dengan cara diperbanyak tempat sampah dan tulisan larangan agar pengunjung yang datang dapat menjaga kebersihan di Kebun Raya Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar